Web Hosting

Selasa, 03 Mei 2011

Profile Guha Bau Body Rafting

Guha Bau Body Rafting (Raft = Perahu) merupakan suatu wadah dimana kegiatan tantangan alam berupa arung jeram tanpa perahu dengan media badan sebagai sarana untuk mengarungi jeram dengan menggunakan perlengkapan komplit mulai dari helem, pelampung, pengaman lutut, betis dan sepatu karang atau sandal gunung  yang di selenggarakan di aliran sungai Cijulang berlokasi di Desa Wisata Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat  atau lebih di kenal dengan nama Cukang Taneuh (Green Canyon).

Guha Bau Bodyrafting dalam pengelolaannya di kelola oleh Desa Wisata Kertayasa, kepengurusan ditangani oleh masyarakat dengan pola pemberdayaan masyarakat sesuai dengan program yang di canangkan oleh pemerintah melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata. Kepengurusan dari Guha Bau Body Rafting ini di pilih dan atau di tunjuk oleh Desa sebagai komisaris utama dengan persetujuan dari masyarakat melalui musyawarah dan mufakat bersama. Masa kerja dari pengurus ini diatur dalam Anggaran Dasar Rumah Tangga (ADART) Kelompok.

Guha Bau Body Rafting ini berdiri pada tahun 2009 namun pada awal perkembangan Cukang Taneuh (Green Canyon), Body Rafting sudah di rencanakan sebagai wisata alternatif di green canyon tidak hanya wisata arung jeram, camping ground, wisata mancing dan outbond juga turut di kembangkan sebagai penunjang dari wisata sungai ini. Bahkan masyarakat secara umum juga dilibatkan di dalamnya sesuai dengan konsep awal yaitu pemberdayaan masyarakat.
Sesuai dengan perkembangannya maka pada tanggal 1 April 2010 Kelompok Guha Bau Body Rafting ini secara resmi di dirikan oleh Desa Kertayasa dengan dukungan dari masyarakat secara umum dan Pemerintah Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata.

Guha Bau Body Rafting memiliki sekretriat sebagi pusat pengendali dari semua kegiatan bertempat di Parkir Timur Dermaga Cukang Taneuh (Green Canyon).  Memiliki pemandu yang berkompeten untuk mendampingi wisatawan di sungai dan di darat termasuk leader dalam perjalanan arung jeram.

Sarana penunjang dari kegiatan ini Guha Bau Body Rafting memiliki 1 unit perahu dengan mesin berkeuatan 15 pk di pergunakan sebagai alat angkut untuk keperluan cepat untuk memenuhi kebutuhan transportasi, akomodasi dan evakuasi.



(ibeng)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

HAL – HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN DALAM KEGIATAN BODY RAFTING

  • Lama perjalanan 4 -5 Jam dari start sampai finish, di mulai dari sekretariat dengan mengendarai kendaraan bak terbuka selama setengah jam ke arah Guha Bau.Pastikan sudah sarapan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan ini.
  • Kenali kemampuan diri, jika kemampuan berenang minim maka mintadi dampingi oleh extra pemandu.
  • Tetap mengunakan pelampung dan helm dan perlengkapan lainnya saat berada di air maupun dalam keadaan istirahat sejenak di tengah perjalanan di pinggir sungai.
  • Jangan membawa benda berharga seperti perhiasan, uang, HP, Kunci Mobil/Motor di saat pengarungan, simpan benda berharga di tempat yang aman atau titipkan di sekretariat.
  • Bawalah makanan ringan dan minuman seperlunya dan pastikan terbungkus rapi sebelum di masukan ke dalam Dry Bag.
  • Pastikan diri tidak dalam keadaan pengaruh alkohol dan obat – obatan terlarang sebelum malakukan kegiatan Body Rafting ini.
  • Jangan memaksakan diri mengikuti kegiatan Body Rafting ini apabila dalam keadaan sakit atau dalam masa pengobatan dan perawatan.
  • Khusus yang mempunya penyakit epilepsi/Ayan agar tidak mengikuti kegiatan ini.
  • Beritahukan kepada pemandu kami apabila ada kelaianan penyakit yang di pandang perlu pengawasan extra.
  • Jangan berbicara menantang atau sombong atau seenaknya sewaktu dalam perjalanan.
  • Pastikan bahwa anda telah mengerti sepenuhnya tentang cara, tehnik dan instruksi yang di sampaikan pemandu kami bila perlu mintalah untuk di ulang kembali dan jangan sungkan untuk meminta bantuan apapun yang berkaitan dengan kegiatan Body Rafting ini.
  • Jika anda yang memakai kecamat paikalah tali untuk pengaman agar tidak terlepas di perjalanan air.
  • Bagi yang memiliki rambut panjang, ikatlah rambut dengan rapih dan jangan sampai menghalangi jarak pandang anda.
  • Batas Minimum usia adalah 13 tahun untuk bisa mengikuti kegiatan Body Rafting ini dan di sarankan bisa berenang atau mintalah extra pemandu khusus untuk mendampingi dan mengawasi selama kegiatan Body Rafting berlangsung sampai dengan finish.
( ibeng)