Web Hosting

Senin, 02 Mei 2011

Wisata Cukang Taneuh - Green Canyon

Cukang Taneuh atau Green Canyon adalah salah satu objek wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran. Objek wisata ini merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus cukang taneuh (jembatan taneuh) dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.

Di mulut Cukang Taneuh terdapat air terjun atau pancuran emas penduduk setempat  menyebutnya sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya panjat Tebing, berenang, bersampan sambil memancing. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh (Dermaga I). Objek wisata ini berdekatan degan objek wisata Batukaras serta Bandar Udara Nusawiru.

Dinamakan Pancuran Emas karena sewaktu waktu apabila di lihat mirip dengan emas yang mengalir, hal tersebut di akibatkan dari air yang berwarna kecoklat coklatan fenomena ini dapat di saksikan pada saat musim penghujan.

Nama Green Canyon dipopulerkan oleh seorang Perancis pada tahun 1993. Namun, orang Sunda menyebut Green Canyon dengan sebutan Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Nama Green Canyon ini juga merupakan pelesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat.

Pengunjung yang mengunjungi Green Canyon ternyata bukan hanya dapat berwisata, objek wisata ini juga kaya akan mitos. Konon bagi yang ingin mendapatkan jodoh dan awet muda bisa mengusapkan air yang menetes dari celah-celah tebing Green Canyon ke wajah beberapa kali. Hal ini sangat dipercayai beberapa pengunjung terutama yang domestik. Bahkan air tersebut juga dapat diminum langsung dan rasanya seperti air mineral.

Namun untuk bisa benar-benar menikmati keanggunan Green Canyon secara lengkap pengunjung dapat melakukannya dengan body rafting. Dengan body rafting pengunjung dapat menikmati seluruh keindahan green canyon dari Guha Bau sampai dengan Cukang Taneuh.


Guha Bau merupakan sebuah gua yang lokasinya 3 km dari sekretariat Body Rafting Guha Bau. Di namakan Bau karena dari mulut gua tercium bau yang menyengat dari kotoran kelelawar yang menghuni gua tersebut, oleh masyarakat sekitar kotoran kelelawar tersebut di manfaatkan sebagai pupuk organik. Pemanfaatan Pupuk dari kotoran kelelawar sudah dilakukan kurang lebih dari tahun 1990 an.
Guha Bau (guha berarti gua) yang di hiasi dengan stalaktit dan stalaknit ini memiliki kedalaman gua yang sangat dalam secara pasti kedalamannya belum terukur karena belum ada yang mengukurnya ataupun melakukan kegiatan caving, namun demikian penduduk sekitar sudah ada yang mencoba masuk lebih dalam.

Keindahan alam di sekitar gua bau tidak kalah menariknya dengan obejek utama di cukang taneuh. Kegiatan renang, panjat tebing atupun kegiatan lainya bisa di lakukan tentunya kegitatan tersebut harus di dampingi oleh pendamping yang mengetahui seluk beluk daerah tersebut.

Akan sangat terasa sekali apabila anda berkunjung dan menikmati keindahan dan pesonanya.

(ibeng)

1 komentar:

Cari Blog Ini

HAL – HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN DALAM KEGIATAN BODY RAFTING

  • Lama perjalanan 4 -5 Jam dari start sampai finish, di mulai dari sekretariat dengan mengendarai kendaraan bak terbuka selama setengah jam ke arah Guha Bau.Pastikan sudah sarapan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan ini.
  • Kenali kemampuan diri, jika kemampuan berenang minim maka mintadi dampingi oleh extra pemandu.
  • Tetap mengunakan pelampung dan helm dan perlengkapan lainnya saat berada di air maupun dalam keadaan istirahat sejenak di tengah perjalanan di pinggir sungai.
  • Jangan membawa benda berharga seperti perhiasan, uang, HP, Kunci Mobil/Motor di saat pengarungan, simpan benda berharga di tempat yang aman atau titipkan di sekretariat.
  • Bawalah makanan ringan dan minuman seperlunya dan pastikan terbungkus rapi sebelum di masukan ke dalam Dry Bag.
  • Pastikan diri tidak dalam keadaan pengaruh alkohol dan obat – obatan terlarang sebelum malakukan kegiatan Body Rafting ini.
  • Jangan memaksakan diri mengikuti kegiatan Body Rafting ini apabila dalam keadaan sakit atau dalam masa pengobatan dan perawatan.
  • Khusus yang mempunya penyakit epilepsi/Ayan agar tidak mengikuti kegiatan ini.
  • Beritahukan kepada pemandu kami apabila ada kelaianan penyakit yang di pandang perlu pengawasan extra.
  • Jangan berbicara menantang atau sombong atau seenaknya sewaktu dalam perjalanan.
  • Pastikan bahwa anda telah mengerti sepenuhnya tentang cara, tehnik dan instruksi yang di sampaikan pemandu kami bila perlu mintalah untuk di ulang kembali dan jangan sungkan untuk meminta bantuan apapun yang berkaitan dengan kegiatan Body Rafting ini.
  • Jika anda yang memakai kecamat paikalah tali untuk pengaman agar tidak terlepas di perjalanan air.
  • Bagi yang memiliki rambut panjang, ikatlah rambut dengan rapih dan jangan sampai menghalangi jarak pandang anda.
  • Batas Minimum usia adalah 13 tahun untuk bisa mengikuti kegiatan Body Rafting ini dan di sarankan bisa berenang atau mintalah extra pemandu khusus untuk mendampingi dan mengawasi selama kegiatan Body Rafting berlangsung sampai dengan finish.
( ibeng)